Kamis, 03 Juli 2014

Apakah yang dimaksud SOP?

Apakah yang dimaksud SOP?
Apakah yang dimaksud SOP?
          Sebuah Bisnis, intansi, atau perusahaan, pastinya mempunyai pengoperasian secara efektif, komukatif, sistematis, dan pengelolaan yang baik. Tetapi, untuk menuju  ke pengoperasian yang baik,  intansi atau perusahaan mengalami halangan , seperti :
1.    Meningkatnya kesulitan operasional yang membuat risiko kesalahan, atau menyimpang,
2.    Tuntutan dari konsumen tentang kualitas pelayanan intansi semakin tinggi, dan
3.    Peraturan atau persyaratan legal yang sangat diwajibkan bagi intasi atau perusahaan untuk dipatuhi.
JIka operasional bisnis, intansi, atau perusahaan dilaksanakan dengan baik, maka sangat diperlukan panduan yang disebut Standard Operating Procedure (SOP) sebagai paduan operasional di dalam perusahaan atau intansi.
SOP dapat diartikan secara luas yaitu data yang menjelaskan aktivitas sehari – hari dalam operasional, dengan maksud menjadikan pekerjaan yang dikerjakan benar, tepat, dan konsisten, dan mendapatkan produk yang sesuai dengan yang diinginkan. SOP biasanya digunakan untuk menyebut data yang mengatur aktivitas operasional intansi, cara kerja, lembar kerja, dan sebagainya.
Dalam arti sempit, SOP (atau lebih yang dikenal sebagai “Prosedur”) ialah bagian dokumen Sistem TataKerja, yang secara rinci mengatur kegiatan operasional agar dapat terlaksana secara efisien.