Minggu, 28 Juli 2013

Download Contoh SOP Perusahaan

Indonesia menjadi lahan bisnis yang terbuka lebar bagi siapa saja. Hingga saat ini tercatat puluhan ribu perusahaan yang berdiri di tanah air. Mulai dari usaha kecil rumah tangga hingga perusahaan bertaraf internasional. Masing-masing perusahaan menjalankan sistem produksi, marketing, penjualan, pelayanan terhadap konsumen dan sebagainya. Download contoh sop perusahaan di website kami menjelaskan mengenai tata kelola perusahaan yang baik, hingga tata pelaksanaan pekerjaan setiap bidang di perusahaan.

Sayangnya sedikit perusahaan atau bisnis perseorangan yang mempunyai sistem perusahaan yang baik dan teratur. Akibatnya jalannya perusahaan tidak dapat terkontrol dengan sempurna. Muncullah celah-celah kekurangan di perusahaan, sang pemilik atau pengelola pun mulai kebingungan untuk mengatasinya.

Untuk mengantisipasi masalah pada sebuah perusahaan, maka pendiri atau pihak manajemen seharusnya sudah membuat sistem yang baku. Sistem perusahaan adalah sebuah perangkat peraturan, tata kelola, hingga standar operasional prosedur setiap pekerjaan yang ada dalam perusahaan. Baik itu HRD, bidang produksi, marketing hingga pelayanan para konsumen.

Dengan adanya SOP maka perusahaan bisa berjalan dengan sistematis. Para karyawan pun tidak merasa bingung dalam melakoni tugas yang diembannya. Sebab semua sudah tertera dalam SOP karyawan yang disiapkan oleh pihak HRD. Para pekerja akan terdorong untuk menjalankan tugasnya secara maksimal, sebab target dan cara menyelesaikan pekerjaan telah jelas dalam benaknya.

Berbeda dengan bisnis yang berjalan dengan kontrol penuh dari seorang pimpinan saja. Mungkin bisnisnya bisa berjalan lancar saat sang pimpinan ada di tempat bisnis. Tapi bila sang pimpinan tak bisa hadir, maka diprediksikan jalan bisnisnya kurang optimal bahkan bisa terjadi kesalahan fatal.


Download contoh sop perusahaan menyertakan keterangan profil perusahaan/bisnis, struktur organisasi, penjelasan pekerjaan, penjelasan alur kerja dengan gambar yang mudah dipahami dan seterusnya. Sekian tulisan mengenai penting dan praktisnya sebuah SOP pada sebuah perusahaan!