Apakah
yang dimaksud SOP?
|
Apakah yang dimaksud SOP? |
Sebuah Bisnis,
intansi, atau perusahaan, pastinya mempunyai pengoperasian secara efektif,
komukatif, sistematis, dan pengelolaan yang baik. Tetapi, untuk menuju ke pengoperasian yang baik, intansi atau perusahaan mengalami halangan ,
seperti :
1. Meningkatnya
kesulitan operasional yang membuat risiko kesalahan, atau menyimpang,
2. Tuntutan
dari konsumen tentang kualitas pelayanan intansi semakin tinggi, dan
3. Peraturan
atau persyaratan legal yang sangat diwajibkan bagi intasi atau perusahaan untuk
dipatuhi.
JIka operasional bisnis,
intansi, atau perusahaan dilaksanakan dengan baik, maka sangat diperlukan
panduan yang disebut Standard Operating Procedure (SOP) sebagai paduan
operasional di dalam perusahaan atau intansi.
SOP dapat diartikan secara
luas yaitu data yang menjelaskan aktivitas sehari – hari dalam operasional, dengan
maksud menjadikan pekerjaan yang dikerjakan benar, tepat, dan konsisten, dan
mendapatkan produk yang sesuai dengan yang diinginkan. SOP biasanya digunakan
untuk menyebut data yang mengatur aktivitas operasional intansi, cara kerja,
lembar kerja, dan sebagainya.
Dalam arti sempit, SOP
(atau lebih yang dikenal sebagai “Prosedur”) ialah bagian dokumen Sistem TataKerja, yang secara rinci mengatur kegiatan operasional agar dapat
terlaksana secara efisien.
Posted in: